Home Kabar Cakrawala Merajut Kebersamaan Meraih Kemakmuran

Merajut Kebersamaan Meraih Kemakmuran

Sujaya Group adalah kelompok perusahaan agribisnis berbasis perunggasan yang berpusat di Kota Singkawang – Kalimantan Barat. Dirintis oleh Tetiono, pria kelahiran Singkawang 4 Agustus 1962, perusahaan-perusahaan yang berada di bawah bendera Sujaya Group terus tumbuh dan berkembang hingga sekarang, menuju agribsisnis perunggasan terpadu (poultry integrated). Pada 11 Desember 2011 lalu Sujaya Group merayakan ulang tahunnya yang ke duapuluh dua.

Sujaya merupakan akronim dari CV Sinar Usaha Jaya Mandiri Farm yang didirikan oleh Tetiono pada 1987, diawali dengan usaha poultry shop yang menyalurkan sarana produksi peternakan berskala kecil. Seiring dengan perkembangan usaha ayam ras yang maju pesat, maka pada 1990 Sujaya terjun dalam budidaya ayam petelur (layer farm). Awalnya hanya mempunyai 5.000 ekor, kini berkembang hingga mencapai 1.500.000 ekor lebih dengan produksi telur 40 ton per hari.

Selanjutnya, pada 1999 mengembangkan dua perusahaan sekaligus, yakni PT. Satwa Borneo Jaya (SBJ) dan PT. Fajar Semesta Indah (FSI). PT. SBJ menghasilkan anak-anak ayam umur sehari (day old chick) yang siap dipelihara dan dibesarkan oleh peternak sebagai ayam pedaging. Sedangkan FSI, menghasilkan bibit babi unggul yang dihasilkan dengan teknologi inseminasi buatan (IB) dengan benih-benih unggul seperti Pietrain, Yorkshire. Landrace dan Duroc.

Pada 2001 untuk mendukung arus transportasi barang-barang khususnya sarana produksi peternakan dan bahan baku pakan ternak, dilakukan pembelian sebuah kapal sebagai awal dari PT. Samudera Usaha Jaya Line. Saat ini kapal yang dimiliki berjumlah 11 unit, dan akan dikembangkan sesuai kebutuhan angkutan barang/ cargo.

 

Anak perusahaan yang menopang kesehatan hewan adalah MJPF (Mulia Jaya Prima Farma) berdiri pada 2002, namun pada 2004 berganti nama menjadi PT. MJPF Farma Indonesia. Pabrik obat dan produksi produk-produk veteriner dilakukan di Propinsi Banten sedangkan wilayah pemasarannya tersebar luas ke seluruh Indonesia.

Atas dasar pelestarian lingkungan berupa pemanfaatkan limbah karton dan kardus di Kota Singkawang, maka pada 2005 Tetiono mendirikan Packaging Industries (PI), pabrik pengolahan limbah khusus karton dan kardus ini menjadi egg tray (piring telur). Produksinya diserap oleh peternakan sendiri (satu group) maupun oleh peternakan milik orang lain. Saat ini sedang ditingkatkan kapasitas produksinya dengan menambah unit baru dengan mesin-mesin otomatis.

Merebaknya penyakit flu burung di akhir 2003, yang salah satu penyebarannya melalui kotoran ayam, maka timbul inspirasi untuk memrpoduksi pupuk organik dengan bahan baku utama kotoran ayam yang diproses secara fermentasi dan pemanasan, maka lahirnya PT. Sinka Sinye Agrotama (SSA) pada 2004. Perkembangannya sangat menggembirakan, pada 2006 dibangun unit mesin pabrik pupuk yang lebih besar, dengan kapasitas produksi 300.000 ton setahun hingga sekarang.

“Sujaya Group didirikan dengan tujuan mendukung kemakmuran pangan bangsa dan membuka lapangan pekerjaan. Saat ini total tenaga kerja yang terserap dalam Sujaya Group berjumlah 2.000 orang lebih. Kedepan, dengan bertambahnya anak perusahaan di bidang pakan ternak, breeding farm grand parent stock, dan pemotongan ayam, maka semakin mengokohkan Sujaya Group dalam kiprahnya mendukung kemakmuran pangan bangsa, dan dipastikan akan menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.” ungkap Presiden Direktur Sujaya Group Tetiono dalam sambutannya.

Tetiono mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Baik atas segala karunia yang diberikan selama ini, seraya mengajak seluruh karyawan dan karyawati dalam keluarga besar Sujaya Group untuk mempersiapkan diri, merapatkan barisan, kompak dan bekerja lebih keras lagi, demi menjaga kelangsungan sekaligus mengembangkan usaha ini.

Tri Hardianto, Ketua Umum Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) yang hadir ke Singkawang untuk mengikuti perayaan ulang tahun ke-22 Sujaya Group, ikut merasa bangga. Dalam sambutan singkatnya peternak Bogor ini mengatakan; “Ini adalah perjalanan sukses peternak, bermula dari poultry shop kecil di Kota Singkawang, kemudian beternak ayam petelur, terus bertambah hingga beberapa perusahaan sarana produksi peternakan, ke depan bahkan akan ditambah lagi lini-lini integrated usaha peternakan. Sungguh, merupakan prestasi yang membanggakan. Ini adalah kerja keras peternak lokal yang perlu mendapat dukungan kita semua sehingga mencapai prestasi nasional. Saya sebagai sesama peternak turut bangga dan terinpsirasi oleh perjalanan Pak Tetiono bersama Sujaya-nya ini. Selamat ulang tahun Sujaya semoga tambah jaya!” ucap Tri Hardianto.

 


blog comments powered by Disqus
Last Updated ( Tuesday, 23 October 2012 18:31 )  

Berita Terkait

iklan anda bisa disini

Petani Online

We have 2 guests online